Selasa, 15 Januari 2019

Retinal Hemorrhages

Sebagai Ibu negara, momong Feezha yang cantik dan pinter (Maa Syaa-a Allah) kini harus disambi nesis juga kalau mau keluar dari kampus dengan cara baik-baik alias tidak di DO.. hiks.. (nangis bombay). Sesi kali ini mamah Feezha cuma pengen nyimpen hasil sementara yang sejak beberapa bulan lalu masih selalu "sementara" walau sudah ganti-ganti metode riset. Udah ngalah-ngalahin jumlah ganti baju baru tiap bulannya..


Sebenernya rada nyesel juga kenapa dulu ngambil topik riset ini padahal basic study mamah Feezha di S1 adalah Instrumen. Udah gitu skill Matlab sungguh-sungguh amat menyedihkan. Hanya karena tergiur oleh celoteh teman, akhirnya topik inipun disikat walau pondasi sangat rapuh. Tapi ya sudahlah ya.. sudah jalan sampe sejauh ini dan mau tidak mau harus selesai di topik ini.. Amin, In Syaa-a Allah..

Topik riset ini mengangkat kasus Diabetic Retinopathy yang dikhususkan pada deteksi Hemorrhages. Apa itu diabetic retinopathy tidak dijelaskan disini yah.. Nah hemorrhages ini termasuk gejala awalnya, berupa percikan darah yang tersembur ke retina. penyebabnya?? kebocoran pada pembuluh darah retina. Dampak terburuk dari komplikasi diabetes mellitus ini adalah terjadinya kebutaan. Ngeri kan ya, awalnya dibetes ujungnya bisa buta. Dengan deteksi gejala awal diabetic retinopathy ini diharapkan bisa dilakukan pencegahan ebutaan melalui penanganan yang tepat, sebelum terlanjur parah.

Metode yang mamah Feezha usulkan dalam riset ini diawali dengan akuisisi citra dari dataset Diaretdb1. Tadinya pake dataset Messidor, tapi berhubung butuh groundtruth untuk proses validasi, jadilah beralih ke diaretdb1 walau kualitas citranya kurang bagus kalo dibandingkan dataset messidor (ini pendapat pribadi mamah feezha lho ya.. yg pernah pake kedua dataset ini boleh punya pendapat berbeda).

1. Akuisisi Citra

Penampakan citra asli

Oh ya, riset ini hanya sampai di segmentasi hemorrhages saja. Setelah proses akuisis, citra asli kemudian di resize untuk mempercepat waktu aksekusi dengan syarat tidak berakibat hilangnya informasi penting yang ingin diambil dari citra ini.

2. Preprocessing  (Image Enhance)
Fungsinya ya untuk memperbaiki kualitas citra. Ada beberapa proses yang dilalui untuk memperbaiki kualitas citra diantaranya penerapan metode CLAHE, penerapan contrast adjustment dan median filtering. Khusus median filtering, mamah Feezha menggunakan dual skala untuk mengestimasi backgroundnya. Hasil dari median filtering ini nantinya dikurangi dengan citra yang kontrasnya sudah disesuaikan sebelum di threshold untuk mendapatkan kandidat hemorrhages yang masih bercampur dengan blood vessel.


  • 1. Clahe


  • Contrast Adjustment


  • Median Filtering skala 1

  • Median Filtering skala 2


  • Median Filtering skala 2 - Contrast Adjustment Image



3. Thresholding
Hasil pengurangan median filtering dual skala yang dikurangi "contrast adjusment image" menjadi input untuk proses thresholding yang dilakukan dengan metode OTSU.
Nah, hasil dari threshold ini kemudian non hemorrhagesnya dieliminasi berdasarkan parameter yang terdapat di regionprops. Beberapa parameter yang dipake oleh mamah Feezha diantaranya Area, Eccentricity dan Extent . Eliminasi dilakukan dua kali dengan dua kali pelabelan.

4. Eliminasi Non Hemorrhages
  • Eliminasi tahap 1. Berdasarkan fitur Area, Eccentricity dan Extent dari pelabelan hasil threshold

  • Eliminasi tahap 2. Berdasarkan Eccentricity dari pelabelan eliminasi tahap 1.
Hasil eliminasi tahap dua ini merupakan hasil akhir segmentasi hemorrhages dengan metode yang mamah Feezha usulkan. Untuk mengetahui sensitivity hasil segmentasi ini perlu dilakukan validasi. Mamah Feezha tidak menuliskan proses dan hasil validasi di sini yah. Juga tidak sharing SourceCode secara ini Thesis masih proses dan belum rampung.. Tapi mamah Feezha akan kasih tampilan comparasi hasil segmentasi terhadap citra asli. selain itu juga ada komparasi terhadap citra enhance yang memperlihatkan objek hemorrhages dengan kontras yang lebih baik.

  • Komparasi terhadap citra asli





  • Komparasi terhadap citra adjust


  • ...

    Update 3 okt 2019 _ 01.29 wib
    Hai.. update yah..
    Saat ini mamah fizha sudah menyelesaikan studi master electrical engineering di UGM dan finally riset yang mengantar mamah fizha keluar dr kampus adalah metode yg berbeda. Gpp metode ini tetep nangkring disini sbg kenang2an kalo dl pernah coba2 banyak gaya.. haha ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Alhamdulillah sudah jadi fulltime mama buat fizha. Jangan tanya mama fizha kerja apa dengan gelar M. Eng nya. Momong fizha adalah cita2 tertinggi setelah lulus kuliah. Dah gitu aja..


    1 komentar:

    1. Super Bowl LV 2021 Schedule - The King of Dealer
      Super Bowl 2021 Schedule · Home – Chicago Bears · Home – Minnesota Vikings · Home – New England kirill-kondrashin Patriots · Minnesota ์นด์ง€๋…ธ ์‚ฌ์ดํŠธ Vikings. New England Patriots.

      BalasHapus